Miekeranda’s Weblog

April 13, 2008

PERTANYAAN SEPUTAR PENYEBAB AUTIS…

Filed under: Autisme — miekeranda @ 12:37 pm
Tags: ,

Beberapa waktu yang lalu, ada beberapa rekan milis yang bertanya, apasih sebetulnya penyebab autisme. Saya mencoba merangkum beberapa email saya sebelumnya, semoga tidak tumpang tindih

Penyebab Autis sampai sekarang sepertinya belum ada seorang pun yg bisa memastikan dengan benar2 pasti apa penyebab Autis ini. Penelitian terakhir menunjukkan adanya hubungan antara Autis dengan Mutasi Gen, dimana pada DNA individu ASD ditemukan adanya mutasi pada pasangan kromosom ke 22 (apa pasangan yang ke 11 yach?. waduh, lali aku. Please CMIIW yach).

Di website Puterakembara sudah ada tulisan DR. Widodo mengenai Penyebab Autis, bisa klik link ini. ada banyak faktor penyebab autis yang ditulis oleh dr. Widodo disini.

Lalu pertanyaan apakah Proses kelahiran seperti vakum juga bisa menyebabkan autisme?.

Hmmm, sampai sekarang sepanjang pengetahuan saya juga belum ada penelitian yang menyatakan bahwa anak yang di vacuum bisa berisiko Autis. Sahabat saya juga anaknya di vakuum tapi puji Tuhan tidak menyandang Autis.

Faktor utama barangkali adalah faktor Bakat (Gen). Orang seringkali MENOLAK kenyataan bahwa dalam garis keturunan mereka, ada gen pembawa Autisme, padahal kenyataannya memang mengharuskan kita menerima bahwa pada beberapa konfigurasi DNA, ada yang mengalami mutasi gen sehingga orang tersebut cenderung rentan terhadap pernyimpangan dalam tumbuh kembangnya.

Banyak yang bilang,

Ga boleh makan ikan laut!!!, karena perairan laut Indonesia ini TERUTAMA JAKARTA sudah sangat terkontaminasi Merkuri”.

Tapi setulnya, jika dalam garis keturunannya tidak ada bakat autistik, ya kenapa harus takut, makan aja, toh, ikan itu banyak proteinnya bukan?. Asal jangan berlebihan, karena dalam jumlah yang berlebihan, kemungkinan kontaminasi logam berat yang berasal dari ikan tersebut lama kelamaan akan merusak jaringan otak dan menyebabkan penyimpangan dalam tumbuh kembangnya, yang pada akhirnya membuat anak tersebut menjadi Autis.

Intinya, semua yang berlebihan itu pasti tidak baik untuk kesehatan kita. Makan dengan bijak dan memilah makanan yang sehat dengan bijak akan membantu menghasilkan individu yang sehat.

Lalu ada juga pendapat yang mengatakan, “Mungkin gak karena pengaruh sering jatuh, menyebabkan anak bisa juga menderita autistik?”

Well, pengaruh jatuh barangkali ada hubungannya (barangkali loh yah, tinjauan medisnya mungkin dokter2 yang lebih layak untuk ngomong ini). Base on my experience, benturan2 akibat jatuh bisa menyebabkan cidera ringan pada otak, namun dapat juga berakibat fatal jika benturan tersebut cukup keras dan menyebabkan trauma (memar lebam/gumpalan darah pada bekas benturan) sebaiknya diperiksa lebih detail dan lebih lanjut untuk memastikan tidak adanya pembulih darah yang pecah, atau penyumbatan pada pembuluh darah.

Kita tidak pernah tahu seberapa berat cidera yang diderita anak ketika jatuh, jadi sebaiknya hindari sedikit mungkin benturan dikepala.

Fenomena Autis yang makin banyak dewasa ini menurut saya bisa jadi karena faktor makanan kita saat ini yang sudah terkontaminasi logam berat, pengawet dan bahan2 kimia berbahaya lainnya yang tanpa sadar masuk kedalam tubuh kita melalui makanan ataupun udara yang kita hirup, sementara pola hidup dan aktivitas kerja tinggi membuat pasangan lebih banyak menghabiskan waktu diluar rumah, sehingga selama pertumbuhannya, anak lebih banyak diasuh oleh pengasuh/pembantu.

Semakin banyak bounding atau kedekatan yg tercipta antara anak dan orangtua tentu saja akan membantu perkembangan si anak secara psikologis menjadi jauh lebih baik, dan si anak juga bisa bertumbuh menjadi pribadi yang menyenangkan. Anak yang sering uring2an, (mungkin karena kekurangan kasih sayang, kurang kedekatan dengan orangtua dan kurang perhatian), akan bertumbuh menjadi anak yang destruktive, agak nakal, uncontrollable dan tidak menutup kemungkinan akan mengalami penyimpangan dalam perkembangannya, bukan autis memang, tetapi penyimpangan psikologis anak juga tetap harus kita perhatikan.

Soal apakah ada tabel yang bisa menunjukkan EXPECTATION GUIDELINES, bagi setiap treatment yang diberikan pada anak, menurut saya (menurut saya loh, saya bisa aja salah, hehehe) TIDAK MUNGKIN ADA!!! Kenapa??? La wong tiap individu autistik itu unik kok… berbeda baik kemajuannya maupun reaksinya terhadap satu treatment/terapi tertentu.

Jadi kalo si AA bisa maksimumnya sampai Sarjana S2, belum tentu si BB yang casenya sama dengan AA, dan diberi treatmen/terapi sama dengan AA, akan juga mencapai apa yang dicapai oleh AA, menjadi sarjana.

Menurut saya, yang terbaik adalah selalu optimis bahwa anak kita pasti akan memperoleh yang terbaik dalam hidupnya, jika kita memberikan kasih sayang, perhatian dan treatment yang Terbaik yang kita sanggup lakukan. Gali informasi sebanyak2nya untuk modal kita dalam mendampingi anak2 special kita ini, biarkan mereka menjalai hidup tanpa tekanan dari Impian kita akan jadi ama dia kelak, bantu dia menggali potensi yang diminati, Insya Allah Anak kita akan menjadi individu yang Sukses dan Mandiri.

Barangkali ini tidak banyak memberikan masukan, tapi moga2 bisa menjadi tambahan spirit untuk terus mengusahakan yang terbaik buat anak kita.

Salam,

-MRA –

2 Comments »

  1. Saya akan bicara tuntas tentang ADD/ADHD/GT/
    AUTIS dan perkembangan anak balita normal pada seminar berseri :
    HOMESCHOOLING FOR BALITA 7/6/08
    Graha Pena Lt. III Surabaya
    BEDAH TUNTAS KARAKTER BALITA 28/6/08
    Graha Pena Lt. III Surabaya
    Persamaan ADD/ADHD/GT/AUTIS dgn Anak normal
    (pada Anak usia balita) 12/7/08
    Graha Pena Lt.III Surabaya
    Tiket tersedia di seluruh GRAMEDIA Surabaya

    Comment by Ibu Rina — May 14, 2008 @ 5:09 am | Reply

  2. Cinta Ananda memberikan terapi pada anak-anak autis. Terapi menggunakan program individual, yakni satu terapis untuk satu anak.
    Itu antara lain;
    * Terapi Wicara, untuk anak terlambat bicara dalam usia 2 tahun ke atas
    * Terapi Perilaku, untuk anak autisme, ADHD, dan sejenisnya.
    * Terapi Akademik (membaca, menulis, menghitung) untuk anak yang lamban belajar.

    Cinta Ananda juga menyediakan Play Group khusus untuk anak-anak yang tidak bisa diterima di sekolah-sekolah umum karena gangguan;
    * Autisme
    * ADHD (hiperaktif)
    * Down Syndrome
    * Lamban belajar karena IQ di bawah rata-rata.

    Cinta Ananda
    Jl Raya Sukomanunggal Jaya blok BB – 26 Surabaya
    kawasan SCTV, depan Supermarket Sinar

    informasi lebih lanjut, hubungi Esti Diah Purwitasari S.Psi di 0317315136 atau 081332545355

    Comment by esti purwitasari — August 2, 2008 @ 8:57 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: