Miekeranda’s Weblog

February 10, 2008

KETIGA ANAKKU MENDERITA THYPUS

Filed under: Anak Sakit,family — miekeranda @ 5:49 am
Tags: ,

Setelah lelah lahir dan batin menghadapi dan menyaksikan Ketiga buah hatiku tercinta, ambruk dan harus berjuang melawan penyakit thypus yang menyerang mereka, akhirnya Puji Tuhan saya bisa duduk kembali depan komputer ini, melepaskan penat sejenak, dan berbagi suka duka selama 2 minggu mendampingi ke 3 buah hatiku ini…

Jadi ternyata… setelah 4 hari Panas Tinggi mencapai 40,6… dokter memutuskan untuk memeriksa darah anak2… Sample darah diambil dari Aurel (8thn) dan Andre (5thn) saja, mengingat Hiroshi masih terlalu kecil, dan ciri2 mereka bertiga sama… Dokter berfikir 2 data sampel darah kakaknya pasti akan cukup mewakili diagnosa dokter.

Kecurigaan dokter yang semula hanya ISPA (radang tenggorokan) biasa… mulai mengarah ke Thypus atau DBD karna Pertimbangannya :

1. Panas tinggi yang lebih dari 40 derajat (Wah, saya gak bisa tidur beberapa malam harus melek melihat Andre beberapa kali nyaris kejang, wong gak demam aja Andre bisa kejang, apalagi disertai demam tinggi begini)

2. Panasnya Up and down, kurva panasnya lebih menyerupai kurva turun naik yang terpola… bukan seperti pelana kuda (DBD).

3. Tiap hari mengeluh, “I feel pain in my tummy, mom”… dan kalo tidur malam selalu gelisah sambil memegang perut.

4. Kotorannya hitam, dan sedikit2…. dihari ke 7 malah diare…buang2 air…

5. Lidahnya PUTIH… katanya menandakan bakteri salmonella thyposanya beneran sedang aktif dlm usus.

Setelah kakak2nya diambil darah, hasilnya ; kedua anak saya POSITIF thypus. Duh, saya sedihnya luar biasa…

Bayangin tiap menjelang sore… panas mereka merangkak naik… semakin malam semakin tinggi panasnya, diberi obat penurun panas pun nggak mempan… terpaksa tiap 3 jam sekali saya harus memberi obat2an penurun panas sejenis Parasetamol (Tempra), ibuprofen (PRORIS), Metamizol Sodium (Novalgin) dan Acetaminomphen supositoria (DUMIN RECTAL, masih segolongan Paracetamol)…

Hiroshi terpaksa saya serahin kalo malam kedlm pengawasan suster, karena saya tidak bisa menghandle ke tiganya kalau malam.

Aurel yang terlihat paling menderita karena dia sulit sekali menelan makanan. Saat itu AMANDELNYA yang memang sudah sampe stage T3 dan sudah dianjurkan untuk segera diangkat, tapi masih menunggu daya tahan tubuhnya pulih dulu… justru ikut memperparah kondisinya… Akibatnya, karena tiap malam saya harus mendampingi dia muntah2 ditoilet.

Pernah nonton film DYING YOUNG???… yang Julia Robert main sebagai perawat yang mendampingi pasien kanker yang terus2an muntah karena Kemotherapy… Duhhhh…. Perasaan saya gitu dech tiap kali megangin badan Aurel yang mungil kecil dan menjadi kurus (turun +/- 2kg dlm 2 hari) karena dehidrasi akibat panas yang gak turun2…

Rasanya saya mo nangis ngeliat dia muntah sampe tinggal cairan kuning kehijauan keluar dari mulutnya… dengan tubuh yang smakin ringkih, aurel memegang kedua sisi toilet sambil huek-huek… muntah… yang bikin saya menangis sambil bilang… aduh nak… kalo bisa biar mama aja dech yang sakit, kasian kaka….

Puncaknya pas malam ke 3, aurel menjerit menangis dari muntah disertai DARAH akibat iritasi di lambung… disaat bersamaan, saya sedang memasukkan STESOLID ke dubur andre yang kejang demam… Ya Tuhan… saya tidak bisa mengungkapkan betapa sedihnya hati saya melihat mereka….

Waktu dokter udah melihat hasil test darah mereka, dia bilang, “Ibu, mau gak mau saya terpaksa harus kasih anak2 Antibiotik. Ini untuk membunuh bakteri Thypusnya, karena thypus memang harus dibasmi dengan Antibiotik.

DSA ini memang tahu betul saya selalu menolak kalau anak2 mo dikasih AB, kecuali ada alasan yang masuk akal saya yang dia kemukakan. Mereka memang belajar, tapi keputusan tetap ditangan kita bukan?

Mungkin ada yang nanya kenapa saya menolak ANTIBIOTIK?… karena AB TIDAK MEMBUNUH VIRUS… jadi penyakit2 yang disebabkan oleh virus tidak akan membaik dengan AB… malah akan mematikan bakteri2 baik yang ada lam tubuh kita, dan merusak ekosistem bakteri baik tersebut…

Penggunaan AB yang tidak pada tempatnya juga akan membuat tubuh kita imun (resist) terhadapa JENIS antibiotika tersebut (bukan merknya yach)… jadi ketika kita justru membutuhkan AB, reaksinya malah tidak akan maksimal dalam tubuh kita.

Ok, back to my kids… waktu saya memohon-mohon agar anak2 saya dirawat saja… dokter malah bilang gini,

“Ibu, look at your kids…. mereka semua sebetulnya sedang sakit yang cukup berat…. BUT LOOK AT THEIR EYES…. they all look so COMFORT… terlihat tenang dan nyaman, karena mereka merasa save dalam penanganan ibu.
Jadi kalo mereka harus DIRAWAT…. Menurut saya Ibulah yang PALING TEPAT merawat mereka. Penyakit Thypus itu yang diserang adalah SEL DARAH PUTIH-nya… yang ibaratnya merupakan benteng pertahanan tubuh kita…. nah, kalo ini sedang lemah, praktis tubuh mereka akan lebih mudah terserang penyakit yang lain”.

Duh, bukannya senang dipuji gitu, saya malah tambah stress, secara saya khan hanya bisa kasih perhatian dan cinta saya buat mereka, tapi penanganan secara medisnya khan saya gak tahu apa2… bukannya gak mau ngerawat, tapi saya ngeri kalo ada apa2 saya gak bisa pantau…. Tapi dokternya meyakinkan saya mereka akan baik-baik saja ditangan saya

Ibu, menurut saya, yang paling bisa dan mengerti kondisi anak-anak adalah Ibu. Saya yakin mereka pasti lebih baik ditangan ibu…. kalo masalah medispun saya yakin pengetahuan ibu juga cukup bagus…. Jangan khawatirlah… Anytime you need help… JUST CALL ME…. kalo perlu diinfus, saya aja yang datang ke rumah ibu, gak usah kerumah sakit (dr ini memang tinggalnya tidak jauh dari rumah kami)… saya nggak mau anak2 terutama AUREL jadi trauma lagi sama RS… Aurel sekarang sudah JAUH LEBIH baik, tidak lagi terlalu ketakutan seperti dulu… walaupun belum sepenuhnya pulih… JAdi jangan mentrigger lagi anxiety-nya terhadap RS. Yakin dech bu…. Anak2 paling baik dirawat sama Ibu….

Jadilah saya perawat mereka selama hmpir 2 minggu ini… ahhh, yang berat adalah ketika anak2 belum pulih benar… papanya ikut2an pula sakit… duh, rontok dech punggung saya…. untung papanya anak2 gak sampai kena thypus juga… hanya ISPA aja.Sekarang udah sembuh semua… jadi udah bisa share cerita ini pada teman2…. Memang yang terbaik untuk anak2 yang sakit adalah HOME… karena ENERGY yang kita salurkan berupa KEHANGATAN dan CINTA, merupakan OBAT yang PALING MUJARAB buat segala macam penyakit dimuka bumi ini….

Oke, semoga gak ada yang komplain dengan email saya yang panjangnya naujubillah ini, hehehe…. senang rasanya akhirnya anak2 bisa tertawa ceria kembali.

Buat yang lagi sakit, semoga cepat sembuh, buat yang lagi happy, semoga happynya tertular ke siapa aja yang ada disekeliling anda, (termasuk nularin ke saya, hehehe) buat yang lagi kecewa atau sakit hati… just remember… there is someone UP THERE… yang selalu memperhatikan kita dari kejauhan… dan akan selalu menyediakan apa yang kita butuhkan…. DIA hanya butuh kita datang… dan meminta…. So… Just ASK.

Salam Cinta,

Mieke R
(mamanya 3 malaikat kecil yang membuat hidup saya merasa paling berharga dan dibutuhkan didunia ini…. ;-D)

——————————

God give us 2 Ears to Hear More, 2 Eyes to See More
‘n 2 hands to Help More people.

3 Comments »

  1. Cepet sembuh ya Mbak🙂

    Comment by Nike — February 19, 2008 @ 6:39 am | Reply

  2. Nike: Makasih ya mbak. it’s so nice of you leave a comment on this blog.

    salam,
    Mieke

    Comment by miekeranda — March 4, 2008 @ 12:23 am | Reply

  3. i can’t say anything….just..i knew that u..d best mom…strong and etc(gw hampir gak bs berkata kata mik atw tepatnya gw kehabisan kata2..GBU

    Comment by nita — July 7, 2008 @ 11:49 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: