Miekeranda’s Weblog

April 15, 2008

ANAK KURUS… TIDAK SEHAT KAH?

Filed under: Autisme,kurus — miekeranda @ 5:27 am
Tags: ,

Saya suka ditanya-tanyain sama orang,

“mbak, kok Aurel kurus banget sich, gak mau makan yach?, apa ikut2an diet kayak mamanya?

“ih saya pusing dech mbak, anak saya 8 thn beratnya baru 24 kilo”

“Gimana ya mbak caranya biar anak saya gemuk seperti Hiroshi, montok, lucu, hehehehe”

Saya juga gak ngerti kenapa, sepertinya kita mesti mengatur mindset kita bahwa kurus tidak selamanya tidak sehat. Anak yang diet susu sapi umumnya memang terlihat lebih kecil dari anak yang lain. So what?… toh anak kita menjalani DIET SUSU (CASEIN) juga untuk menghindari semakin banyaknya jaringan otak yang rusak akibat caseomorphin yang dihasilkan oleh protein dalam CASEIN yang tidak sanggup dipecah oleh saluran pencernaan, yang mungkin diakibatkan oleh leaky guts atau bocor2 halus pada usus.

Terkadang juga disebabkan oleh berkembangnya jamur dalam pencernaan anak secara berlebihan dan menyebabkan usus tidak dapat bekerja dengan sempurna.

Kenapa sich orang selalu beranggapan, anak kurus itu pasti sakit (padahal emang untuk kasus aurel sich iya, tapi banyak kok anak lain yang kurus tapi gak sakit2an).

Menurut saya, kadang orangtua salah kaprah (termasuk saya, hehehe), bahwa anak yang sehat itu adalah anak gemuk dan montok,.. padahal belum tentu loh. Kalo anak tersebut kegemukan karena KEBANYAKAN makan Junk Food spt: Ayam Kentucky/KFC (ntar saya jelasin dibawah kenapa bikin gemuk) atau kebanyakan minum susu (porsinya berlebih), tetap ga bagus juga khan ?.

Yang penting, menurut saya, kalo memang mo DIET susu sapi, perhatikan ASUPAN gizinya. HARUS lengkap dan seimbang. (sumpah ga gampang memang, karena kebutuhan gizi dihitung berdasarkan perkilogram
berat badan anak dan juga disesuaikan dengan jenis kelamin anak… ahhh, sebaiknya mah tanya sama AHLI GIZI atau Dokter dech…. supaya ibu2 tidak bingung..)

Kalo asupan gizinya tidak mencukupi, HARUS dibantu dengan suplement supaya zat2 gizi yang sangat dibutuhkan tubuhnya untuk pertumbuhan bisa terpenuhi dengan baik. Nah, kalo Soal Suplement apa aja yang harus dikonsumsi anak kita…. ¬†kayaknya tergantung tiap anak…. jadi harus tanya sama Orang yang Ahli dalam hal ini atau biar lebih jelas langsung tanya dokternya aja… karena pemberian sumplementasi dosis tinggi itu harus dibawah pengawasan para ahli atau dokter.

OOT (out of topik) kenapa junk food spt KFC walaupun makan 1 potong doang tetep berbahaya???… Pertama, saya dulu udah pernah cerita soal ayam yang cepat gede karena disuntik dopping supaya cepat bisa “dipanen” khan? (cuma 1 bulan doang dah bisa dipotong)…. nah satu yang saya temui ketika saya searching mengenai Jantung koroner…. bahwa ternyata semua Ayam2 KFC dkk termasuk French Fries (kentang goreng) itu digoreng dengan MINYAK goreng yang sudah diproses sehingga
menghasilkan minyak yang sifatnya LEMAK JENUH (saturated fat) sehingga lemak yang dikandung dalam Ayam goreng ini otomatis langsung disimpan dalam bentuk lemak karena udah gak bisa diolah lagi… ini yang bikin anak2 gemuk… tapi tidak sehat… makanya jaman sekarang kadang masih muda2 tapi herannya kok udah kena penyakit jantung?… ya karna pola makan ayng tidak sehat…

Ya udah moga2 gak khawatir lagi dan gak gelisah lagi liat anak yang kurus… tapi asal sehat loh yah…

Salam hangat,

MRA

5 Comments »

  1. Tulisan artikel di blog Anda bagus-bagus. Agar lebih bermanfaat lagi, Anda bisa lebih mempromosikan dan mempopulerkan artikel Anda di infoGue.com ke semua pembaca di seluruh Indonesia. Salam Blogger!
    http://www.infogue.com/
    http://www.infogue.com/kesehatan/anak_kurus_tidak_sehat_kah_/

    Comment by kaitokid724 — April 15, 2008 @ 6:36 am | Reply

  2. anakku badannya kecil tapi lincah dan insya Allah cerdas
    jadi sehat ya ?

    Comment by duadua — January 21, 2009 @ 8:01 am | Reply

  3. Wah tulisannya bagus sekali sangat bermanfaat banget,tp ada pengalaman anak saya kurus,lincah sehat,tapi berat badannya tdk naik-naik langsung divonis flek sama dokter

    Comment by Fajaryati — November 7, 2009 @ 1:38 pm | Reply

    • iya sist,,,,anakku tiga tahun lalu sempat kena flek,,setelah berobat selama 9bulan akhirnya dokter bilang fleknya sudah bersih.dari situ berat badannya naik perlahan.tapi sekarang anakku kurus lagi.dia aktif banget,lagi pula sebgian orang bilang faktor turunan dari ortunya.tapi aku slalu kepikiran takutnya anakku kena flek lagi.skarang aku lagi kebingungan banget sist…

      Comment by bunda nya — January 11, 2012 @ 11:26 am | Reply

  4. artikelnya bagus tuh,buat nambah reverensi. anakku jg pny masalah yg sama loh.

    Comment by widia — April 12, 2010 @ 9:16 am | Reply


RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

The Rubric Theme. Blog at WordPress.com.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: